Inilah Sosok Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang 2016

Ahok Jadi Sosok Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang 2016

Jakarta - Google Indonesia menobatkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai tokoh yang terpopuler di mesin pencarian raksasa itu sepanjang 2016. Masyarakat gencar mencari berbagai pemberitaan tentang dirinya.

Hal tersebut tertulis dalam daftar Year in Search 2016 yang dirilis Google Indonesia dalam situsnya seperti dilihat detikcom, Kamis (15/12/2016). Ahok berada di urutan pertama soal sosok tokoh yang paling banyak dicari.

Ahok menjadi media daring karena kerap menjadi headline di berbagai media massa. Banyak masyarakat yang mencari pemberitaan soal gubernur DKI Jakarta nonaktif ini lewat Google Indonesia.

Nama Ahok banyak dicari ketika dirinya menertiban kawasan Kalijodo di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Dari grafik yang disajikan Google Indonesia, pencarian nama Ahok meningkat tajam pada tanggal 30 Oktober-5 November saat Ahok tersandung kasus dugaan penistaan agama yang sekarang sudah masuk di persidangan.

Nama Sri Mulyani menjadi sosok kedua yang paling banyak dicari di Google Indonesia sepanjang 2016. Namanya menjadi sorotan saat dirinya diangkat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro. Dia saat itu rela meninggalkan jabatannya sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Nama Sri Mulyani banyak dicari di Google Indonesia dalam berbagai topik, terutama soal kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak. Banyak juga yang mencari soal kehidupan pribadi hingga besaran gaji Sri Mulyani.

Kemudian Buni Yani masuk urutan ketiga menjadi sosok yang paling dicari di Google Indonesia sepanjang 2016. Namanya mencuat ketika memposting potongan video Ahok di Kepulauan Seribu yang menyinggung soal Surat Al Maidah ayat 51. Nama Buni Yani mengalahkan Wayan Mirna Salihin dan Nusron Wahid yang bertengger di urutan keempat dan kelima.

Sosok yang paling banyak dicari di Google Indonesia urutan keenam ditempati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Banyak yang mencari nama putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini sejak dirinya memutuskan meninggalkan dunia militer dan menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilgub 2017.

Sosok lainnya yang paling banyak dicari di Google Indonesia sepanjang 2016, di urutan ketujuh ada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, kedelapan ada Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, kesembilan bekas Ketua DPR Irman Gusman yang tersandung kasus dugaan suap gula impor dan kesepuluh Arcandra Tahar yang kini menjabat Wakil Menteri ESDM.


sumber : detik.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.