'Ajaib' Cara Ini Mampu Menyiasati Storage Ponsel Android Kamu yang Sudah Penuh!

3-7a23295d29a61e2968a8ceabbbf9bd89.jpg
Untuk kamu pengguna ponsel Android dengan kapasitas penyimpanan alias storage terbatas, biasanya akan kesusahan saat menginstal aplikasi baru. Jangankan instal aplikasi baru, mau update aplikasi saja pasti gak bakalan cukup. Sedih kan?
Namun ternyata, ada cara 'ajaib' lho yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang penyimpanan pada ponsel Android lebih lega meski kapasitas storage-nya minimalis. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak langsung di bawah ini.

Cara paling simpel, backup file pentingmu ke kartu memori!
Nah, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk melegakan storage pada ponsel Android-mu adalah dengan mem-backup-nya ke kartu memori. Pindahkan file-file yang ukurannya besar dan penting ke kartu memori eksternal, supaya storage internal di smartphone bisa difokuskan untuk menyimpan update aplikasi.
Uniknya, ada beberapa smartphone ternyata sudah mendukung pemindahan aplikasi juga ke kartu memori eksternal. Jadi, aplikasi-aplikasi yang kamu instal di smartphone gak bakal tersimpan di storage internal tapi ke storage eksternal. Sehingga, smartphone bisa lebih lancar kalau dipakai karena gak ada aplikasi apa pun atau file apa pun yang tersimpan di dalam smarpthonemu.
Nah, biar kamu lebih paham gimana cara memindahkan aplikasi ke kartu memori eksternal adalah dengan buka menu Apps atau App Manager lalu pilih aplikasi mana yang ingin kamu pindah ke memori eksternal lalu pilih tombol Move to SD Card dan secara otomatis aplikasi itu bakal pindah lokasinya ke memori eksternal.

Setelah itu hapus semua file di folder .thumbnails.
Jadi, kalau kamu sudah mem-backup file ke kartu memori eksternal maka langsung hapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang kamu ambil dengan kamera. Caranya adalah pilih internal storage di menu File Manager dan masuk ke folder DCIM atau Picture.

Selanjutnya masuk folder .thumbnails dan hapus seua file yang ada didalamnya. Dijamin deh, smartphone bakal lebih lancar lagi.

Jika cara di atas gak berhasil, bisa hapus file cache dari semua aplikasi.

Kalau cara di atas kurang berhasil, maka kamu bisa melakukan cara berikut ini. Ya, kamu bisa melegakan storage ponsel Androidmu dengan menghapus file cache atau file yang sifatnya sementara di smartphone.
Meski cuma kecil dan sementara, cache itu terkadang memang memakan banyak kapasitas memori internal ponsel Androidmu. Kamu bisa menghapus satu per satu cache dari aplikasi di storage ponsel Android agar kapasitas penyimpanan lebih lega.
Nah, kalau capek menghapus cache satu per satu maka kamu bisa menghapusnya sekaligus pakai aplikasi yang khusus bisa kamu gunakan untuk membersihkan cache. Contoh aplikasi pembersih cache yang bisa kamu instal di ponsel Androidmu adalah App Cache Cleaner atau CC Cleanser dan aplikasi pembersih cachelainnya.
Itulah guys, cara yang bisa kamu lakukan dan ikuti untuk melegakan storage pada ponsel Android secara 'ajaib'. Segera praktikkan deh, supaya smartphone tetap bisa lancar digunakan dan gak kepenuhan lagi saat mau update aplikasi atau mau instal aplikasi baru!

sumber : idntimes.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.