Ubah Ponselmu Jadi Asisten Pribadi Saat Liburan

OK Google tambah fitur feedback.

Pernah punya mimpi punya asisten pribadi saat liburan? Mencatat agenda, memberikan informasi seputar destinasi wisata, hingga membantu mengarahkan jalan saat berkendara. Teknologi membuat mimpi tersebut sedikit menjadi lebih nyata.
Google App sudah mengubah aplikasinya menjadi lebih mutakhir. Salah satunya dengan fitur OK Google, yakni fitur asisten pribadi yang bisa diperintah dengan suara. OK Google memang tidak serupa dengan Siri milik iOS. Sensor suara tidak bisa menjawab. Hanya beberapa perintah saja yang bisa dijawab Google App.

Google App kini lebih dari sekadar sebuah mesin pencari atau peta. Bahkan bisa menjalankan perintah lebih spesifik, yakni mengirim pesan teks dan melakukan panggilan telepon. Hanya saja dua fitur tersebut baru bisa dinikmari pengguna Android saja.

"Untuk platform iOS akan kita lengkapi secepatnya," kata Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami dalam acara Kampanye #SelaluTauYangSeru Surabaya di Surabaya, belum lama ini. Voice assistant bisa digunakan pengguna untuk mengetahui ragam informasi. Gimana caranya?

Berikut panduan untuk mengubah ponsel pintar menjadi asisten pribadi saat berwisata.

Sulit Mengetik? Gunakan Perintah Suara
Terkadang dua tangan sudah penuh memegang benda. Mengetik di ponsel sulit dilakukan. Saat menyetir biasanya juga akan mengalami kesulitan serupa. Teknologi voice search atau OK Googledikembangkan untuk menyelesaikan kondisi tersebut. Pengguna cukup mengunduh Google App atau melakukan update terbaru dari aplikasi tersebut. Temukan gambar berbentuk microphone pada kolom pencarian dan ketuk. Ucapkan perintah yang ingin diselesaikan Google. Dalam sekejap jawaban akan diberikan.

Google melengkapinya dengan panduan Bahasa Indonesia. Bahkan untuk kata tidak baku dan aksen khusus sekalipun. Misalnya, 'temukan rujak cingur terdekat'. Dalam sekejap Google akan memberikan referensi rujak cingur dari lokasi Anda. Atur fitur 'menyetir' pada bagian setting. Secara otomatis Google mengetahui bahwa anda sedang berkendara.

Cari Spot Seru dan Khas Lokal
Google App bisa diperintah menemukan hal unik di kota. Masukkan perintah mencari spot berfoto yang bagus, atau mencari toko oleh-oleh terdekat. Google juga bisa membantu mencari tempat minum kopi dengan pemandangan bagus  Bahkan bisa membantu memberi informasi cuaca.

Rute Jalan Terbaik
Malas terjebak kemacetan? Perintahkan Google untuk mencari rute jalan terbaik ke lokasi tujuan. Misalnya, berikan perintah 'arah ke museum' atau lainnya. Google akan mencari rute yang paling nyaman bagi pengguna. Tidak hanya rute tapi perkiraan waktu sampai juga diberikan. Bila membutuhkan jasa transportasi online, Google akan mengarahkan ke aplikasi Gojek, Grab, dan Uber. Biaya perjalanan juga sudah dihitung.

Menyelesaikan Persoalan Kecil
Voice search Google juga berguna menyelesaikan permasalahan kecil selama perjalanan. Pengguna bisa memanfaat Google untuk menyetel alarm, mengirim pesan teks, hingga memutar lagu. Masukkan saja perintah, seperi 'putar lagu Bob Marley' atau 'set timer 20 menit'. Tanpa mengetik, tanpa membuka banyak aplikasi.

sumber : republika.co.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.