Cara Mudah Gunakan Ponsel Android Tanpa Menekan Tombol Fisik

Ilustsrasi ponsel berlayar sentuh bersistem Android (Shutterstock).

Smartphone Android merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi paling laku saat ini di dunia. Tak heran memang, karena sebagian besar produsen ponsel dunia menggunakan sistem operasi bikinan Apple itu.

Uniknya, meski jamak ditemui sehari-hari, banyak pengguna Android yang tak memanfaatkan semua kelebihan ponsel tersebut. Salah satu yang tak banyak diketahui adalah menggunakan ponsel Android tanpa harus menyentuh tombol-tombolnya.

Ingin tahu caranya? Berikut ulasannya

Gunakan Aplikasi Button Savior Non Root

Patut diingat, untuk mencoba cara menggunakan Android tanpa menekan tombol fisik sedikit pun dalam artikel ini, hanya bisa diterapkan pada smartphone yang tidak di-root. Jika kamu sudah root ponsel pintar kamu, lebih baik tidak perlu mencoba cara satu ini. 

1. Unduh dan install aplikasi Button Savior Non Root. Setelah itu, pergi ke Settings, Accessibility, dan aktifkan Button Savior (non root).

2. Selanjutnya, kamu akan melihat sebuah ikon kecil di sisi kanan. Jika ditekan, maka akan keluar opsi-opsi yang biasanya harus kamu lakukan dengan menekan tombol fisik.

3. Kamu juga bisa mengkustomisasi fitur ini. Pilih opsi tiga titik dan pilih salah satu kotak yang ingin kamu atur. Di sini, kamu akan ditampilkan beragam pilihan, silakan tentukan sesuai yang kamu suka.

4. Jika ingin mengunci layar, sekali lagi nggak perlu tekan tombol fisik. Cukup menekan ikon Power. Namun, sebelum menggunakannya, kamu harus mengaktifkan dulu di opsi Enable Screen Lock yang dapat kamu buka di aplikasi Button Savior (non root).

Menarik bukan? Sekarang, tombol ponsel kamu dapat lebih awet daripada sebelumnya. 

Lalu bagaimana kalau ingin membuka kunci? Tenang, semua ada jawabannya.

Kamu bisa gunakan Fitur Gesture & Motion bawaan ponsel. Caranya tinggal aktifkan mode Gesture & Motion. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu menuju Settings > Screen-off gestures > aktifkan double tap to wake up.

Jika sudah aktif, kamu hanya perlu mengetuk layar dua kali untuk mengaktifkan gadget kesayangan kamu.

Tapi, bagaimana jika Nggak Punya Fitur Bawaan, Gunakan Aplikasi DTSO (Double Tap Screen On Off). Berikut cara menggunakannya:

Pertama, jelas kamu harus download dan install terlebih dahulu aplikasi DTSO: Double Tap Screen On Off. Setelah berhasil, kamu akan melihat opsi Unlock dan Lock. Pilih Unlock, kemudian pilih Activate.

Lalu, kamu akan melihat sebuah peringatan dalam bentuk pop-up cara untuk uninstall aplikasi tersebut. Selanjutnya, kembali akan ada tiga opsi, Proximity Unlock, Shake To Unlock, dan Volume Button Unlock.

Gunakan Proximity Unlock, dan kemudian pilih Options. Ketik angka 2 pada No of Clicks to lock. Maka, ketika mau membuka kunci layar, kamu hanya perlu mengetuk dua kali sensor proximity, dan terbuka sudah layar smartphone kamu.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

sumber : suara.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.